Jumat, November 07, 2008

Emoll-ku sayang, Emoll-ku malang

Ehem,,

Sebagai anak kost yang demen melakukan hal baru dan unik (karena bebas dari pengawasan orang tua), saya pernah memutuskan sesuatu yang absurd. Kadang berpikir kalau kamar kost saya sangatlah sunyi apabila saya tinggali sendirian. Berawal dari satu ide brilian, maka tercetuslah keputusan laknat itu : menambah satu lagi makhluk hidup ke dalam kamar saya. Tentunya saya tak mungkin miara anak orang, karena itu pilihan saya jatuh pada sebiji makhluk hidup yang lucu nan imut : HAMSTER.

Hamster pertama saya bernama Hemmy (hamster + akhiran y biar terkesan imut = hemmy. Bener-bener sense of naming yang buruk). Karena saya lalai ngasih makan, dia mati dengan tenang di hari ketujuh. Saya sampai memandang mayat si Hemmy sambil nangis dan menolak buat menguburkan tubuhnya. Akhirnya sih, dikubur juga. Belajar dari pengalaman, kata orang kalo miara satu doang, niscaya cepet mati karena kesepian. Jadi saya kali ini beli sepasang. Yang satu namanya Drump, yang satu lagi namanya -apa ya, lupa. Yang pasti sih dari Dorabase juga- Sialnya, si mata merah meninggal dengan sukses. Menyusul tak lama kemudian, si mata hitam ikutan meninggal.

Dengan ini, kepintaran saya tentang hamster bertambah satu : kalo pasangannya mati, niscaya si hamster yang ditinggalkan akan bunuh diri dengan makan males-malesan. Mungkin karena dia nggak mungkin bunuh diri dengan cara gantung diri, jadi dia memilih mati perlahan-lahan dengan cara nggak makan. Bunuh diri yang hemat. Lepas dari itu, saya belajar kalo hamster mata merah emang lebih rentan cahaya dan cepet mati. Sialan, tau gitu saya miara yang mata item aja!

Selang beberapa minggu setelah hati saya terobati, saya memutuskan membeli satu ekor hamster lagi. Warna bulunya coklat-putih dengan mata hitam cerah. Saia membelinya dan memberi nama Muhammad Emoll, dengan panggilan Cimol. Dia ini enerjik banget deh. Memang sih, yang namanya hamster itu makhluk nokturnal, jadi siang-siang kerjaannya bermutasi jadi bola bulu, malem-malem idup dan berisik sumpah. Sengaja saya membelikan kandang, rumah, dan serutan kayu biar dia nyaman di sana. Sengaja juga nggak dikasih mainan puteran, soalnya bisa membahayakan dirinya sendiri.



Oh, ini dia foto Cimol yang paling keren. Alkisah dia saya iming-imingi ama tomat, jadi dia dengan senang hati berdiri aja gitu.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang HAMSTER!

1. dia itu freak ama biji bunga matahari. Saya malah saingan kalo lagi makan kuaci ama Cimol, bagian dia pasti habis duluan.



2. hamster bukan binatang yang perlu minum. Cukup kasih dia sayuran seger kayak tomat, sawi, selada, pokoknya yang banyak airnya. Kudu rajin diganti, kalo busuk nanti hamsternya sakit perut. Kalo Cimol, dia sukanya ama selada alias letuce. Beneran hamster yang sok tajir!




3. hamster mata merah lebih rapuh dan gampang mati dibanding hamster mata hitam.

4. hamster itu, nggak pernah bikin geng dan ngumpul di bawah tanah kayak hamtaro. Setidaknya, hamster saya diem aja di rumahnya, atau main kejer-kejeran ama kelinci tetangga.




5. kulit hamster memiliki elastisitas sangat sangat tinggi, sehingga dia bisa menipiskan badan setipis-tipisnya. Bayangin yah, dia bisa manjat di belakang lemari saya, yang udah hampir nempel di dinding. Saya curiga, jangan-jangan hamster itu termasuk dalam kategori hewan tulang lunak?


6. hamster itu suka menimpan barang aneh di dalem pipinya yang super elastis itu. Biasanya sih, dia suka masukin banyak2 biji bunga matahari ke pipinya. Takut direbut kali ya ama saya? Kadang2 saya suka sweatdrop dan bilang, "Santai, Mol. Gue juga punya kuaci sendiri kok.."



7. terakhir tapi bukan akhir, mungkin ini cuma terjadi ama hamster saya doang. Masa' ada hamster demen makan wafer coklat?




Nah, itulah dia keanehan dan kenyataan tentang hamster.
Saya itu miara Cimol ampe satu tahun lebih dan dia nggak mati-mati. Berapa kali saya bawa pulang kampung dengan naik bus malam Bandung-Kotabumi dan dia sepertinya anteng-anteng saja. Sekedar informasi, butuh enam bulan bagi saya untuk menjinakkan mahkluk ini. Awal-awal tinggal seatap, kita berantem terus! Tangan saya jadi sasaran gigitan. Apalagi kalo telat ngasih makan, dia suka garuk-garuk kandang sendiri. Bujug buset dah!

Tapi makin lama, Cimol makin anteng ama saya. Mau dipegang-pegang. Mau dielus-elus. Kalo dipanggil, dia dateng (dan kabur lagi). Kalo saya kasih makanan, dia nerima baik-baik dan dimakan. Seringnya sih dipaksa masuk ke pipi. Yang pasti sih, JANGAN SEKALI-KALI MEMANDIKAN HAMSTER! Bisa mati masuk angin nanti dia. Kalo hamster bisa dikerokin sih, masalah selesai. Jangan juga memberikan hamster sampeyan Tolak Angin! Nanti hamster Anda jadi pinter, loh. Susah nanti Anda dikibulin terus.

Eniwey, jadi hamster ada malangnya juga.

Seringnya sih, karena tampang imut dan inosennya itu 'mengundang' untuk dikerjain. Biasanya sih, saya dan bokap kalo udah sama-sama kumat jahilnya, si Cimol jadi korban tunggal. Mari kita saksikan penyiksaan terhadap hamster yang dilakukan tanpa prikebinatangan.

Pertama, dicubit pipinya ampe melar.
Pelaku : Bokap saya




Kedua, jidatnya diwarnain pake spidol merah.
Pelaku : Bokap saya




Ketiga : diaduin ama kucing.
Pelaku : Bokap saya lagi -iseng amat si bapak2 satu ini-




Keempat : dilepasin di taman kosan
Pelaku : Saya sendiri




Kelima : digantung di tali jemuran
Pelaku : Saya sendiri =))




Er...
Kayaknya kalo sampai WWF tau sekeji apa perlakuan yang diterima oleh Cimol, niscaya saya akan disidang di khayalak hamster ramai. Hmm.. Intinya sih, melihara hamster itu susah. Kalo matiinnya sih gampang. Saya yang sudah cukup berpengalaman dengan melihara dan maematikan hamster, menganjurkan pada Anda yang pengen melihara hamster untuk sabar dan telaten. Sabar karena dia susah dijinakkan, dan telaten karena dia susah ditemukan kalo duah ilang --"

Akhir kata, Cimol sudah tenang di pelukan Allah SWT. Kali ini dia nggak saya matiin, tapi suatu ketika saya pulang ke kosan, saya menemukan kandangnya sudah digigitin. Mungkin Cimol yang sudah bosan ama saya memutuskan untuk mencari jati dirinya di dunia luar. Mungkin saya harus mengerti kalau Cimol sudah dewasa dan mampu memilih jalan hidupnya. Mungkin juga dia ingin mengetahui ada apa di balik rumah kecilnya. Yang dia nggak tau, kalo di luar kamar saya, ada sebiji kucing kuning super gede yang kerjaannya cuma makan ama tidur.

Waktu itu emang cukup berat, dimana saya harus menerima kalau Cimol sudah bukan bagian dalam kehidupan saya lagi.

4 komentar:

Randi Saputra mengatakan...

Baru tahu klo hamster frustasi bisa bunuh diri juga, hehe.. setelah membaca postingan ini, sedikit banyak bisa turut merasakan bagaimana suka duka melihara hamster.. *banyak sukanya ya, dukanya kan pas paragraf terakhir aja*

Talking 'bout hamster, ternyata meliharanya ngga sesulit yg dikira ya.. asal telaten n ngga teledor aja, pasti panjang umur.. jadi pengen miara.. tapi mengingat catatan sejarah saya yg telah "mematikan" seekor kura-kura Brazil dalam waktu beberapa bulan dan seekor anak kucing nemu di jalan dalam waktu kurang dari 24 jam, rasanya pikir-pikir dulu.. *Tuhan.. walaupun perkara hidup dan mati ada di tanganMu, maafkan hamba apabila telah berbuat zhalim kepada makhlukMu*

Nice topic.. keep posting yow!

Anonim mengatakan...

Hamster mana saja yang pernah gw temui di kossan lo ya?

Wah.. ga nyangka (bokap) lo sadis juga. Tapi memang menarik melihat kehidupan dan suka duka mereka walaupun pada akhirnya semua makhluk hidup punya batas... Dan terus terang bau kamar lo jauh lebih baik setelah para korban tiada...

Dan seperti kata Pak Randi, nice posting :) gw juga mau ngepos nih, judulnya 'Poupee dan Akibat Negatif Yang Dihasilkan' (halah, karya ilmiah) :3

Anonim mengatakan...

-ih, openid bermasalah mulu-

teteeeeeh! hamsternya lucuuu!!!

saia link blognya ya... asal teteh link saia jg,,, hehehe

~puti

kucing nakal mengatakan...

setahu saya sih hamster mata merah karena masih kecil...punya saya juga tadinya matanya merah sekarang jadi item tuh...
sekarang malah udah banyak dari 2 menjadi 6...

Melangkah Bersama Pejuang Kertas © 2008 | Coded by Randomness | Illustration by Wai | Design by betterinpink!